Cara Menaikkan Dedicated Video Ram (vram) Pada Windows 10

Apa itu Dedicated video RAM? Berapa banyak VRAM yg Anda miliki? Bagaimana Anda menaikkan VRAM? Inilah semua yg perlu Anda ketahui.

Melihat kesalahan terkait menggunakan dedicated video RAM dalam PC Windows Anda? Kesulitan menjalankan program intensif grafis seperti editor video & video game baru? Anda mungkin membutuhkan lebih banyak RAM video (VRAM).

Tapi apa itu, dan bagaimana Anda sanggup menaikkan VRAM? Baca terus buat seluruh yang perlu Anda ketahui mengenai RAM video di Windows 10.Apa itu Dedicated Video RAM

Video RAM (atau VRAM, dilafalkan “VEE-ram”) adalah jenis RAM khusus yg bekerja dengan unit pemroses grafis komputer Anda, atau GPU.

GPU merupakan chip pada kartu grafis komputer Anda (juga diklaim kartu video) yg bertanggung jawab buat menampilkan gambar di layar Anda. Meskipun secara teknis salah , kata GPU & graphics card tak jarang digunakan secara bergantian.

RAM video Anda menyimpan berita yang diharapkan GPU, termasuk tekstur game dan efek pencahayaan. Ini memungkinkan GPU untuk dengan cepat mengakses informasi & video keluaran ke monitor Anda.

Menggunakan RAM video buat tugas ini jauh lebih cepat daripada memakai RAM sistem Anda, lantaran RAM video tepat pada sebelah GPU di kartu grafis. VRAM dibangun buat tujuan intensitas tinggi ini dan karena itu “berdedikasi”.Cara Memeriksa VRAM Anda pada Windows 10

Anda bisa dengan gampang melihat jumlah RAM video yang Anda miliki di Windows 10 dengan mengikuti langkah-langkah ini:Buka sajian Settings menggunakan menekan tombol Windows + I.Pilih entri System, kemudian klik Display pada bilah sisi kiri.Gulir ke bawah dan klik teks Advanced display settings pada bagian bawah.Pada sajian yg dihasilkan, pilih monitor yang ingin Anda lihat pengaturannya (jika perlu). Kemudian klik teks Display adapter properties di bagian bawah.Di jendela baru, Anda akan melihat RAM video Anda waktu ini terdaftar di samping Dedicated Video Memory.

Di bawah Adapter Type, Anda akan melihat nama kartu grafis Nvidia atau AMD Anda, tergantung dalam perangkat apa yang Anda miliki. apabila Anda melihat AMD Accelerated Processing Unit atau Intel HD Graphics (kemungkinan besar ), Anda menggunakan grafik terintegrasi.Cara Meningkatkan VRAM

Cara terbaik buat menaikkan RAM video Anda adalah dengan membeli kartu grafis baru atau yang lebih baik. apabila Anda memakai grafik terintegrasi & mengalami kinerja yang buruk, mempertinggi ke kartu spesifik (bahkan salahsatu kartu grafik aturan terbaik) akan melakukan keajaiban untuk keluaran video Anda.

Namun, jika ini bukan pilihan buat Anda (seperti pada laptop), Anda mungkin bisa mempertinggi VRAM khusus Anda menggunakan 2 cara.Cara Meningkatkan VRAM pada BIOS

Metode pertama merupakan menyesuaikan alokasi VRAM di BIOS komputer Anda. Masuk ke BIOS Anda dan cari opsi di menu bernama Advanced Features, Advanced Chipset Features, atau serupa. Di dalamnya, cari kategori sekunder yang diklaim sesuatu misalnya Graphics Settings, Video Settings, atau VGA Share Memory Size.

Ini wajibberisi opsi buat menyesuaikan berapa poly memori yang Anda alokasikan ke GPU. Standarnya umumnya 128MB; coba tingkatkan ini sebagai 256MB atau 512MB bila Anda memiliki cukup ruang.

Tidak semua CPU atau BIOS memiliki opsi ini. Jika Anda nir dapat mengubahnya, terdapat solusi yg mungkin membantu Anda.Memalsukan Peningkatan VRAM

Karena sebagian akbar solusi grafis terintegrasi secara otomatis menyesuaikan buat memakai jumlah RAM sistem yg mereka butuhkan, detail yg dilaporkan di jendela Adapter Properties tidak terlalu penting. Faktanya, buat grafik terintegrasi, nilai Dedicated Video Memory sahih-benar fiktif. Sistem melaporkan nilai dummy itu secara sederhana sebagai akibatnya game melihat sesuatu ketika mereka menilik berapa banyak VRAM yang Anda miliki.

Dengan demikian, Anda dapat mengubah nilai Registry buat mengubah jumlah VRAM yang dilaporkan sistem Anda ke game. Ini sebenarnya tidak menaikkan VRAM Anda; itu hanya membarui nilai dummy itu. Jika game menolak buat memulai lantaran Anda “tidak memiliki relatif VRAM”, menaikkan nilai ini mungkin dapat memperbaikinya.

Buka jendela Registry Editor menggunakan mengetik regedit ke Start Menu. Ingatlah bahwa Anda bisa mengacaukan sistem Anda di Registri, jadi berhati-hatilah saat berada di sini.

Pergilah ke lokasi berikut:HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Intel

Klik kanan folder Intel pada panel kiri & pilih New > Key. Beri nama GMM kunci ini. Setelah Anda membuatnya, pilih folder GMM baru pada sebelah kiri dan klik kanan pada pada sisi kanan.

Pilih New > DWORD (32-bit) Value. Beri nama DedicatedSegmentSize ini dan berikan nilai, pastikan buat memilih opsi Decimal. Dalam megabyte, nilai minimumnya adalah 0 (menonaktifkan entri) dan maksimumnya adalah 512. Setel nilai ini, mulai ulang komputer Anda, & lihat apakah itu membantu permainan berjalan lebih baik.

Metode ini nir dijamin dapat memperbaiki perkara memori video Anda, tetapi permanen patut dicoba jika Anda mengalami masalah. Jika Anda tidak mempunyai poly RAM sistem & mengalami perkara pada menjalankan game dengan grafis terintegrasi, coba tambahkan RAM tambahan, atau kosongkan RAM buat menggunakan grafis terintegrasi.

Seperti kebanyakan tugas, mengupgrade perangkat keras Anda umumnya sangat sulit dilakukan pada laptop tetapi gampang dilakukan di desktop.Jenis Tugas Apa yg Membutuhkan RAM Video

Sebelum kita berbicara mengenai angka-angka eksklusif, kami wajibmenjelaskan aspek game & aplikasi intensif grafis apa yg paling banyak menggunakan VRAM.

Faktor akbar pada konsumsi VRAM adalah resolusi monitor Anda. Video RAM menyimpan frame buffer, yang menyimpan gambar sebelum dan selama GPU Anda menampilkannya pada layar. Output berkualitas lebih tinggi (seperti game 4K) menggunakan lebih banyak VRAM lantaran gambar dengan resolusi lebih tinggi membutuhkan lebih banyak piksel buat ditampilkan.

Selain tampilan monitor Anda, tekstur pada game bisa secara drastis memengaruhi berapa poly VRAM yang Anda butuhkan. Sebagian akbar game PC terkini memungkinkan Anda menyesuaikan pengaturan grafis buat performa atau kualitas visual.

Anda mungkin dapat memainkan permainan menurut beberapa tahun yang lalu pada pengaturan Low atau Medium menggunakan kartu yang lebih murah (atau bahkan grafik terintegrasi). Namun kualitas High atau Ultra, atau mod khusus yang membuat tekstur dalam game terlihat lebih baik dari umumnya, akan membutuhkan poly RAM video.

Fitur kecantikan seperti anti-aliasing (menghaluskan tepi bergerigi) jua menggunakan lebih banyak VRAM lantaran piksel ekstra yg diharapkan. Jika Anda bermain pada 2 monitor sekaligus, itu bahkan lebih intensif.

Game eksklusif jua dapat membutuhkan jumlah VRAM yg tidak selaras. Gim seperti Overwatch tidak terlalu menuntut grafis, namun gim menggunakan banyak imbas pencahayaan canggih dan tekstur terperinci misalnya Cyberpunk 2077 membutuhkan lebih banyak sumber daya.

Sebaliknya, kartu murah dengan hanya 2GB VRAM (atau grafik terintegrasi) telah cukup untuk memainkan penembak PC lama. Game saat itu nir mempunyai VRAM sebanyak 2GB.

Bahkan jika Anda nir tertarik bermain game, beberapa aplikasi populer membutuhkan VRAM yg relatif poly jua. Perangkat lunak desain 3D seperti AutoCAD, khususnya pengeditan intens pada Photoshop, dan pengeditan video berkualitas tinggi semuanya akan terganggu bila Anda tidak mempunyai RAM video yg cukup.Berapa Banyak VRAM Yang Saya Butuhkan

Jelas bahwa nir terdapat jumlah VRAM yang sempurna buat seluruh orang. Tetapi, kami dapat memberikan beberapa pedoman dasar tentang berapa banyak VRAM yang harus Anda bidik pada kartu grafis.VRAM 1-2GB: Kartu ini umumnya di bawah $ 100. Mereka menunjukkan kinerja yg lebih baik daripada grafik terintegrasi, namun tidak bisa menangani sebagian akbar game terkini pada pengaturan di atas homogen-homogen. Hanya beli kartu menggunakan jumlah VRAM ini apabila Anda ingin memainkan game usang yang nir bisa bekerja dengan grafik terintegrasi. Tidak disarankan buat pengeditan video atau pekerjaan 3D.VRAM tiga-6GB: Kartu kelas menengah ini indah buat permainan sedang atau pengeditan video yang agak intensif. Anda nir akan bisa memakai paket tekstur yg sangat gila, namun Anda bisa memainkan game terkini pada 1080p menggunakan sedikit masalah. 6GB adalah opsi yang lebih tahan masa depan daripada sesuatu misalnya 4GB.VRAM 8GB ke atas: Kartu video kelas atas menggunakan RAM sebanyak ini ditujukan buat para gamer yg berfokus. Jika Anda ingin memainkan game terbaru menggunakan resolusi 4K, Anda memerlukan kartu menggunakan poly VRAM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *