Perbedaan Body Serum dan Body Lotion, Dari Kandungannya Hingga Pemakaiannya

Tidak hanya wajah, kulit tubuh juga perlu dirawat agar tetap sehat dan terlindungi dari berbagai masalah. Kulit tubuh bisa dirawat dari dalam seperti mengonsumsi vitamin dan juga dari luar dengan menggunakan pelembab kulit.

Merujuk pada halaman Derma Essentia, semua jenis skin humectant dibuat dengan karakteristiknya masing-masing sehingga memiliki kombinasi air, minyak dan emollient (pengencer) yang berbeda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih pelembab, yaitu dengan mengetahui seberapa kering kulit Anda, iklim tempat tinggal Anda, dan bagian tubuh mana yang paling membutuhkan pelembab.

Dalam hal ini, ada berbagai produk perawatan tubuh yang bisa digunakan, seperti body serum dan body lotion. Sayangnya, masih banyak orang yang salah mengira produk yang sama. Simak lebih baik pemahaman mengenai perbedaan body lotion dan body serum pada ulasan berikut ini.

Perbedaan Antara Serum Tubuh dan Lotion Tubuh

Dilansir dari laman Whish Body dan Get The Gloss, berikut perbedaan body serum dan body lotion, mulai dari kandungan, tekstur hingga aturan pakainya.

 

1. Serum Tubuh

Body serum adalah produk perawatan tubuh yang melembabkan dan menutrisi kulit. Berikut bahan, tekstur dan cara penggunaan body serum:

Kandungan Serum Tubuh

Produk serum tubuh diformulasikan secara khusus berdasarkan kebutuhan kulit setiap orang. Seperti serum wajah, serum tubuh juga mengandung bahan aktif konsentrasi tinggi. Bahan-bahan ini termasuk asam laktat, asam glikolat, vitamin dan antioksidan.

tekstur

Serum tubuh memiliki tekstur yang ringan dan berbahan dasar air. Hal ini membuat body serum lebih mudah diserap oleh kulit dan sangat cocok bagi Anda yang tidak menyukai rasa lengket pada body lotion.

Cara Penggunaan

Body serum sangat cocok digunakan oleh jenis kulit kering karena dapat melindungi dan melembabkan kulit. Gunakan serum tubuh setelah mandi dan lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

 

baca juga : Body Lotion Putih Permanen BPOM, Memangnya Ada?

postingan dari tagarberita.com – blog favorit netizen

 

2. Lotion tubuh

Berbeda dengan serum tubuh, body lotion berfungsi untuk mempertahankan kelembapan pada permukaan kulit. Berikut bahan, tekstur dan cara penggunaan body lotion:

Kandungan body lotion

Biasanya body lotion mengandung SPF, sehingga tidak hanya melembabkan kulit, tetapi juga melindunginya. Pada body lotion kandungan bahan aktifnya lebih rendah dibandingkan dengan body serum, karena tujuan utama dari body lotion adalah untuk melembapkan kulit.

tekstur

Body lotion memiliki tekstur yang cukup kental sehingga saat dioleskan terasa sedikit lengket di kulit. Produk ini merupakan pilihan yang tepat untuk digunakan pada cuaca panas atau iklim tropis.

Cara Penggunaan

Penggunaan body lotion cukup mudah karena ringan dan dapat digunakan oleh semua jenis kulit. Gunakan body lotion setelah menggunakan body serum untuk mendapatkan hasil yang maksimal.