Panduan Berbelanja di Tokopedia dengan Aman Terhindar Penipuan

PayLater & Cicilan Tokopedia: Solusi Belanja Hemat!

Belanja online bak mata pisau yang tajam satu sisi menguntungkan tapi di sisi lain juga bisa merugikan.  supaya tidak menjadi korban penipuan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita berbelanja secara online misalnya jika kita ingin belanja di Tokopedia pastikan bahwa kamu memilih toko yang sudah terpercaya.

Jika kamu berbelanja di Tokopedia memang diberikan berbagai metode pembayaran seperti metode menggunakan transfer, debit, kartu kredit, hingga layanan pinjaman online ataupun Tokopedia paylater.

Pembayaran online nya pun bukan tanpa masalah kadang-kadang kamu bisa mengalami Tokopedia paylater tidak bisa digunakan. Ketika kamu mengalami kondisi demikian jangan terlalu cepat khawatir apalagi panik karena ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan Tokopedia paylater kamu agar bisa kembali digunakan.

Agar kamu terhindar dari berbagai jenis penipuan yang masih marak,  salah satu benteng yang perlu kamu hadapi adalah dengan mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya dan juga jangan mudah tertipu dengan harga yang miring atau diskon yang di luar nalar.

Berikut ini adalah beberapa tips berbelanja di Tokopedia dengan aman dan terhindar dari segala jenis penipuan.

  1. Jangan Bertransaksi di Luar Tokopedia

Salah satu yang paling sering terjadi adalah ketika kamu bertemu saksi di luar Tokopedia.  bisa saja kamu mendapatkan iklan atau penawaran barang langsung dari Tokopedia tetapi justru pada saat pembayaran diarahkan oleh si penjual keluar rekening atau transaksi yang sudah disediakan oleh Tokopedia.

Jika kamu memilih transaksi dengan transfer langsung ke rekening penjual artinya ada potensi atau resiko yang harus kamu tanggung yaitu ketika barang kamu belum sampai bisa jadi uangnya juga sudah langsung lenyap.

Inilah yang sering terjadi jika kamu ber transaksi tanpa menggunakan metode pembayaran yang digunakan oleh Tokopedia. Banyak kasus penipuan yang bertransaksi langsung dengan transfer ke rekening penjual misalnya beberapa pengguna Instagram yang bertransaksi langsung di sosmed.

  1. Cek Harga di Toko Sebelah

Meskipun dijual di Tokopedia jangan langsung percaya jika harganya tidak masuk akal. Kamu perlu mengecek langsung dari toko sebelah ataupun dari marketplace yang lainnya.

Harga yang murah juga biasanya hanya untuk memancing pembeli. Terkadang ada beberapa barang yang ditampilkan dengan harga yang murah tetapi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sehingga ujung-ujungnya harga normal.

  1. Periksa Reputasi Penjual

Cara lain untuk terhindar dari penipuan adalah dengan memeriksa reputasi penjual. Reputasi penjual ini bisa dilihat dari berapa kali penjual itu login dalam satu hari. Di Tokopedia kamu bisa melihat Kapan terakhir kali nya penjual login atau aktif. Jika penjualnya jarang aktif dipastikan akun Tokopedia nya perlu diwaspadai.

Selain itu kamu juga bisa memeriksa kapan usia toko tersebut dibuka. Semakin lama usianya semakin dapat dipercaya apalagi jika aktivitas penjualnya sangat aktif.

Soal keamanan pembayaran di Tokopedia tidak perlu risau. Selama barang belum diterima, uang akan ditahan oleh Tokopedia jadi lebih aman jika transaksi langsung lewat sistem pembayaran yang disediakan oleh Tokopedia.

Apalagi saat ini pembayaran Tokopedia cukup beragam. Salah satunya seperti Kredivo yang sudah terpercaya dan memiliki izin operasional resmi dari Otoritas Jasa Keuangan.

Salah satu keuntungan transaksi menggunakan Kredivo adalah kamu bisa mendapatkan cicilan hingga 3 bulan tanpa bunga sama sekali. Kamu hanya perlu membayar biaya administrasinya saja sebesar 3% yang dikalikan dengan jumlah belanjaan atau total barang.

Sebagai contoh misalnya jumlah total belanjaan kamu sebesar Rp1 juta. Biaya administrasi yang perlu kamu bayarkan hanya sebesar Rp30.000 per 3 bulan.

Selain itu kamu juga tetap bisa mendapatkan fitur belanja dengan metode cicilan untuk tenor 6 dan 12 bulan dengan bunga yang tetap rendah yaitu sebesar 2,6% per bulan.  khusus bagi member premium akan diberikan limit kredit hingga Rp30 juta.

  1. Baca Semua Ulasan dari Pembeli

Pengecekan tokoh bisa dilakukan juga lewat pengecekan ulasan yang sudah diberikan oleh pembeli sebelumnya. Dengan memeriksa ulasan dari pembeli sebelumnya kamu bisa memfilter mana yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih tokoh tersebut.

  1. Baca Syarat dan Ketentuan dengan Benar

Sebagai konsumen harus pintar juga saat melakukan pembelian. Jangan hanya baca judulnya saja. Baca juga syarat dan ketentuannya terutama untuk barang-barang khusus. Syarat dan ketentuan inilah yang bisanya luput dari perhatian pembaca. Bukan bermaksud menipu, tetapi penjual biasanya juga memberikan beberapa syarat ketentuan yang harus disetujui oleh pembeli.

Terutama jika barang-barang pecah belah perlu penanganan tersendiri. Selain itu barang yang di-unboxing harus disertai dengan video saat dibuka untuk bukti garansi jika barang rusak atau pecah. Syarat dan ketentuan tersebut perlu dipahami oleh para pembeli supaya tidak ada salah paham di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *