Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa Agar Tubuh Tetap Fit

Realfood Royal Wellness
source gambar : realfood.co.id

Bulan puasa merupakan bulan yang selalu dinantikan oleh umat Muslim di seluruh dunia karena menjadi bulan suci dan hanya ada setahun sekali. Menjalankan rangkaian Ramadhan ini terdapat tips menjaga kesehatan selama bulan puasa agar tidak mudah sakit ataupun lemas.

Bulan Ramadhan adalah bulan indah yang biasanya digunakan oleh banyak orang untuk melakukan perbaikan diri. Maka dari itu tidak heran ada penyambutan yang sangat luar biasa saat akan bertemu dengan bulan Ramadhan ini, namun tidak lupa memperhatikan persiapan dalam menjaga kesehatan.

Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Puasa

Dalam menjalankan puasa Ramadhan maka tubuh akan menyesuaikan dengan kondisi baru karena hanya makan pada waktu tertentu saja. Lantas perlu adanya cara khusus yang perlu diperhatikan bagi setiap orang yang menjalankan ibadah puasa, berikut ini:

1. Makan Tidak Berlebihan

Pola makan ketika bulan puasa akan sangat berubah karena ada waktu tersendiri untuk bisa makan pada saat sahur dan buka. Maka dari itu penting sekali memperhatikan setiap makanan yang nantinya dikonsumsi supaya tidak menimbulkan rasa tidak nyaman dengan menjalankan puasa selama 12 jam.

Konsumsi kalori secara berlebihan setelah menjalankan puasa seharian bisa menambah jumlah kalori dan menjadikan kondisi perut lebih sesak karena terlalu kenyang. Sehingga makan saja pada porsi normal dan tidak perlu terlalu berlebihan.

2. Memenuhi Kebutuhan Cairan

Puasa yang dilakukan selama 12 jam ini akan menjadikan tubuh kekurangan cairan dan rentan terkena dehidrasi dan membuat mudah lelah hingga mengantuk. Sehingga pastikan untuk minum air putih banyak pada saat sahur dan berbuka sebagai cara untuk menjaga kesehatan pada bulan puasa.

Cara ini juga mampu mengurangi risiko dehidrasi yang sering terjadi pada bulan puasa. Cobalah minum air 8 gelas setiap hari dengan menyiasatinya membagi pada buka dan sahur.

3. Tetap Menjalankan Aktivitas

Dalam menjaga kesehatan memang bukan perkara yang mudah untuk dilakukan terlebih jika belum terbiasa khususnya di bulan puasa. Tidak heran pada awal puasa banyak di antara orang-orang yang merasa lemas, ngantuk dan lapar sepanjang hari.

Maka dari itu menjaga kesehatan yang perlu dilakukan adalah tetap menjalankan aktivitas yang tidak menguras tenaga. Hal ini perlu dilakukan agar tubuh tetap gerak dan tidak mudah mengantuk.

4. Berolahraga Rutin

Meskipun sedang menjalankan puasa usahakan tetap melakukan olahraga secara rutin. Pilihlah olahraga yang sekiranya tidak terlalu berat sehingga bisa membantu dalam menyehatkan tubuh.

Kamu bisa jalan pagi, bersepeda ataupun yoga yang tidak terlalu membuang energi. Lakukan selama 30 sampai 45 menit sebelum berbuka puasa.

5. Mempunyai Waktu Istirahat Cukup

Hal yang cukup berubah pada saat bulan Ramadhan adalah waktu istirahat menjadi lebih sedikit karena harus bangun pada malam hari untuk sahur. Namun pastikan kamu tetap memenuhi kebutuhan istirahat 6 sampai 8 jam setiap hari.

Tips menjaga kesehatan selama bulan puasa dengan memaksimalkan waktu untuk tidur. Mulailah tidur setelah menjalankan ibadah sholat Tarawih.

6. Konsumsi Suplemen Tambahan

Orang yang sedang berpuasa secara otomatis kekurangan nutrisi seperti halnya zat besi, vitamin B12 dan kalsium. Dalam menjalankan puasa perlu dipertimbangkan dalam mengonsumsi multivitamin agar tetap sehat.

Salah satu suplemen yang bagus untuk dikonsumsi adalah program 12 hari Realfood Ever Glow dan Ever Glow Plus. Di dalamnya terdapat kandungan baik untuk menutrisi tubuh setiap hari.

Demikianlah beberapa uraian mengenai tips menjaga kesehatan selama bulan puasa sehingga tubuh tetap fit. Setiap cara bisa dilakukan dengan mudah sebagai bentuk adaptasi pada saat puasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *